HIMA PBSI UPGRIS: Pemilihan Putra Putri Prodi PBSI 2022

Himpunan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas PGRI Semarang periode 2021/2022 telah melaksanakan program kerja dari bidang bakat minat yaitu Pemilihan Putra Putri Prodi PBSI 2022. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan bakat dan potensi mahasiswa PBSI guna membangun rasa percaya diri, beretika, berwawasan, dan berjiwa kompetitif. Acara tersebut dilaksanakan pada tanggal 5–7 April 2022 dengan mengusung tema “Sinergi Membangun Generasi yang Berprestasi, Terampil, Berkarakter, dan Menginspirasi”.

Pemilihan PUPIDI diikuti oleh masing-masing dari perwakilan kelas prodi PBSI. Pendaftaran acara ini dimulai pada tanggal 30 Maret 2022 – 3 April 2022, kemudian dilaksanakan secara offline pada tanggal 5–7 April 2022 yang bertempat di Kampus IV UPGRIS.

Kegiatan pada hari pertama yaitu pada tanggal 5 April 2022 adalah tes wawancara, dan yang mewawancarai adalah dari Putra dan Putri Bahasa tahun lalu.

Pada hari kedua, acara dilanjutkan dengan persiapan dan gladi untuk 12 peserta yang lolos pada tahap wawancara. Kemudian pada tanggal 7 April 2022 merupakan puncak acara dari Pemilihan Putra Putri Prodi.

Pada acara puncak dihadiri oleh Ketua Prodi PBSI Ibu Eva Ardiana Indrariani, S.S., M. Hum., sekaligus yang membuka acara, keempat dewan juri yaitu Bapak Raden Yusuf Shidiq Budiawan, S. Pd., M. A., Ibu Rawinda Fitrotul Mualafina, S.S., M.A., dan dua Putra/Putri Kampus 2021.

Setelah acara pembuka dilanjutkan dengan catwalk dari masing-masing pasangan serta perkenalan. Kemudian dilanjutkan dengan pengumuman tiga besar yang masuk dalam final, ketiga pasangan melewati sesi tanya jawab yang pertanyaannya diberikan oleh masing-masing juri, Putra/Putri Prodi tahun lalu, dan beberapa dari penonton.

Setelah melewati berbagai tahapan hingga akhirnya penjurian, langsung dilanjutkan dengan pengumuman juara. Terdapat tiga kategori juara PUPIDI. Untuk kategori pertama adalah Putra dan Putri Bahasa I 2022 yaitu Fernando Arif Saputra dan Fina Khoirussani Muhti, kategori kedua Putra dan Putri Bahasa II 2022 yaitu Syaroful Anam Putra dan Alya Nabila Fatin, dan ketiga adalah Putra dan Putri Bahasa III 2022 yaitu Radit Bayu Anggoro dan Nurul Laelatun Ni’mah.

Putra dan Putri Bahasa I 2022 yaitu Fernando Arif Saputra dan Fina Khoirussani Muhti
Putra dan Putri Bahasa II 2022 yaitu Syaroful Anam Putra dan Alya Nabila Fatin
Putra dan Putri Bahasa III 2022 yaitu Radit Bayu Anggoro dan Nurul Laelatun Ni’mah